Jakarta Rock Parade 2008: Gemuruh 100 Band Rock!



ROCK NEVER DIE! Layaknya perang, slogan dan jejeritan itu tampaknya bakal sering berkumandang minggu-minggu ini. Pasalnya, dari tanggal 11-13 Juli 2008 ini, pesta rock akan digelar besar-besar di Jakakarta. Yup, namanya JAKARTA ROCK PARADE di Stadion Tennis Indoor dan Outdoor Senayan Jakarta.

Salah penampil yang ditunggu kehadirannya adalah legenda 'indo-rock' Andy Tielman. Mengapa legenda? Pasalnya, personil The Tielman Band asal Belanda ini, selain lahir dan tumbuh di Indonesia [lahir di Makasar], Andy juga punya pengaruh besar untuk perkembangan musik rock di Indonesia.

"Saya memang tinggal di Belanda, tapi lewat televisi saya sering melihat band-band rock asal Indonesia. Bagus-bagus, tapi sayangnya tidak ada yang terdengar di forum internasional ya," ucap satu-satunya personi The Tielman yang masih hidup dalam jumpa pers JRP di HardRock Cafe Jakarta, Selasa [8/7/2008] kemarin.

Dengan bahasa gad
o-gado Jawa, Indonesia dan Inggris, Andy Tielman mengaku diundang oleh untuk tampil di acara pesta musik rock tersebut, yang akan digelar selama tiga hari, 11-13 Juli 2008 di Tennis Indoor Senayan, menampilkan 101 artis dan band lokal dan dari luar negeri.

Sementara Jimmy Johansyah mengungkapkan kepada wartawan bahwa selain Andy masih ada 11 band asing yang bakal ikut meramaikan acara. Sementara 93 artis dan band lokal yang bakal tampil mewakili berbagai genre dalam musik rock, mulai dari pop rock, hard rock, punk rock, art rock, hingga progresive rock.

"Mereka juga mewakili era masing-masing, mulai dari tahun 1970-an seperti Elpamas hingga yang berunsur disco diwakili oleh Nidji," katanya.

Yang pasti, katanya, penikmat musik rock dapat menyaksikan penampilan berbagai band mulai dari Gypsy & Gank Pegangsaan (Keenan, Odink, Debby, Gauri, Tammy, Harry Sabar, Raidy Noer, Abadi Soesman, Roni Harahap, Krisna Discus, Fariz RM, Kompyang, dan tujuh pemain gamelan), Shark Move, Voodoo, Power Slaves, Pas Band feat Richard Muttter, Netral feat Bimo dan Miten, hingga Pee Wee Gazkin.

"Ada juga band-band tribute sepert
i Acid Speed Band sebagai The Rolling Stones, Lemon Tea sebagai The Police, Room V sebagai The Cure, juga Jiung yang membawakan lagu-lagu Benyamin S," kata Jimmy.

Sementara band-band underground yang bakal tampil antara lain KOIL, Burger Kill, Pure Saturday, Superglad, Mesin Tempur, Efek Rumah Kaca, Killed By Butterfly, Brandals dan sebagainya.

Tiket Jakarta Rock Parade dijual seharga Rp200.000 (harian), belum termasuk tiket penampilan spesial yang juga dijual seharga Rp200.000.

Dengan deretan nama besar yang banyak main di acara ini, tiket itu rasanya menjadi tidak mahal. Belum tentu loh, tahun depan harganya segitu lagi. Jadi, kenapa tidak kita menikmati rock langsung dari sumbernya.


Andy Tielman, Tampil di JRP


Sumber:http://www.jakartarockparade.com

0 comments