Region Enam Mempunyai Sinar


Sinar, asal Medan, menjadi satu-satunya band yang bisa meraih dua juara dalam satu malam. Juri menobatkan Sinar sebagai juara pertama, dilanjutkan dengan Capetown dari Aceh, dan Coconut Head asal Medan untuk juara kedua dan ketiga, dan sebagian besar penonton memilih Sinar sebagai juara favoritnya. Setelah penantian panjang selama tiga tahun, akhirnya kali ini Sinar pun bisa berpijar di A Mild Live Wanted 2009, Minggu (12/04).

Tim juri yang terdiri dari Noey dan Capung (Java Jive, Musica Production), Anton Wahyudi (Motion Radio), dan Bhita Harwanti (I-Radio), cukup kebingungan dalam memilih siapa juaranya kali ini. 24 band yang menjadi finalis regional Sumatra bagian Utara secara musikalitas setara, di atas standar kriteria yang ada, kecuali kualitas vokal yang menurut mereka di region ini masih kurang begitu memuaskan. Sinar menjadi salah satu band yang cukup baik soal vokal, apalagi dari segi musiknya.

"Memang sebagian besar kualitas atau karakter vokal dari para finalis kali ini kurang, tapi Sinar berada di garis aman vokalnya. Tapi yang dilihat di sini bukan cuma vokal, tapi aksi panggung, lagunya, interaksi serta bagaimana cara mereka memberikan hiburan bagi penonton yang hadir. Di situlah nilai terbesarnya," aku Noey.

Masih bahasan soal vokal, Sinar sebenarnya sudah habis-habisan membawa karakter baru dalam vokalnya kali ini. Mungkin itu juga yang menjadi perhatian juri. "Tahun lalu mas Khrisna (ketua juri nasional A Mild Live Wanted 2008) bilang kalau vokal saya kayak Padi, makanya tahun ini saya berusaha keras untuk mengubahnya, belajar lewat referensi musik-musik bule (luar negeri -red)," kata Heru, vokalis.

Berbagai macam musik ia coba dengarkan, seperti Keane, Oasis dan band-band asal Inggris lainnya, agar bisa menemukan bentuk baru dari suaranya. Nyatanya hingga saat ini cukup berhasil, walaupun ia juga mengakui akan selalu memperbaiki kualitas vokalnya.

Selain soal vokal, Sinar cukup peduli soal penampilan. Sebagian hadiahnya akan mereka alokasikan untuk kebutuhan kostum, dan 10 persennya disumbangkan kepada pihak yang kurang mampu. Bagi mereka harus lagu dan kostum yang dikenakan harus berkesinambungan. Demi menebus cita-citanya supaya "beken," image sangatlah penting, dan penampilan adalah salah satu penunjang image yang tidak bisa di nomor duakan.

sumber: http://amild.com/amlw2009

0 comments