Pop Ala Display Menuju Grand Final



2 May 2009 Dewan juri A Mild Live Wanted 2009 ragional Jawa Bagian Tengah hampir setuju dengan keputusan mereka memilih Display sebagai juaranya. Di mata Capung, Noey (producer, Java Jive), Boy Gaok (producer), dan Yanto Sutardji (Trinity Optima Production), Display bisa mewakilkan berbagai macam kriteria yang telah mereka tentukan. Hingga band terakhir tampil di panggung, rupanya tidak ada yang bisa menggeser pilihan juri yang hampir saklek tersebut. Selain Display, Rhen-sae mendapatkan juara kedua dan juga favorit, dan Sun Flower untuk juara ketiganya.

"Display bagus banget mainnya, lagunya juga komersil, dan skillnya juga di atas rata-rata, belum lagi gaya panggung yang terkesan kalem tapi itu malah kayak yang punya gaya sendiri," Capung beralasan. Bervokalis yang sekaligus memainkan gitar utama memang bukan sesuatu yang baru di Yogyakarta, ada beberapa band yang bermain dengan formasi tersebut. Masih menurut Capung, Display jauh lebih baik daripada band-band yang berformasi seperti itu.

Hal tersebut juga cukup diamini oleh Display. "Menurut kita yang berbeda adalah personilnya. Yudi main gitar sambil nyanyi itu adalah salah satu gaya yang beda sekarang ini," kata Azis (bassist). Benar juga apa yang dikatakannya, kebanyakan band yang ada sekarang ini sangat terpatok dengan formasi yang begitu-begitu saja, vokalis, dua guitarist, bassist, dan drummer, atau kalau kurang lengkap ditambah satu orang keyboardist.

Tidak secara frontal Display menggeser musik yang sedang diminati. Mereka punya cara sendiri dalam menyampaikan sisi popnya. "Kita memang musik yang dibawakan rada nge-rock, karena emang influence saya pribadi salah satunya adalah Metallica. Makany lirik yang saya buat harus terdengar mudah dimengerti, jelas, dan enak dinyanyikan. Itu adalah cara kita menunjukkan pop," kata Yudi (vokalis, gitaris).

Display bukanlah band baru yang masih bau kencur dalam pengalamannya di dunia musik, dan itu adalah pelajaran terbesar mereka bisa menjadi seperti sekarang. Beberapa lagu telah mereka coba jual secara swadaya, dan untuk lingkup lokal penjualannya diatas 50%. Itu adalah suatu bukti bahwa prestasi mereka diakui oleh music maniacs sekitar, bukan hanya cuap-cuap juri yang mengatakan kalau mereka bagus. (ip)

0 comments