CARA PROMOSI BAND INDIE#2

BUAT APA YANG ANDA TAWARKAN BEDA
Sudah bukan hal yang ajaib jika anda terlempar saat perang media terjadi. Itu biasa bro. Infotainment adalah dunia sadis yang perkembangan beritanya gila-gilaan. Tapi masak kita mau nyerah gitu aja ? Pulang nangis dan netek lagi ke papa mama ? Weleh, mending berhenti jadi musisi aja bro. Jualan pulsa, itu lebih menjanjikan kok kayaknya. Lantas gimana dong ? Hajar terus ! Modal awalnya adalah : Anda harus tahu dan yakin bahwa apa yang anda tawarkan beda. Kalau menurut anda sama aja sama ST 12 ya bikin yang beda dong. Kalo menurut anda kok malah mirip sama Hijau Daun ya bikin yang lain dong (buset, contoh saya band-band ber-not melayu semua). Kalau anda sudah merasa beda, jangan kuatir, anda akan mudah sekali muncul ke permukaan. Ke-beda-an anda akan membuat orang-orang gatal untuk mengetahui karya anda, memeriksa CD anda, membaca profil atau menyetel VCD dokumentasi pertunjukan anda.
IMING-IMING BIN DOOR PRICE DI TIAP PERTUNJUKAN ANDA
Yang ini wajib hukumnya. Selalu berusahalah menambah fans dengan cara-cara yang bersifat iming-iming. Buatlah sesering mungkin door price dalam pertunjukan-pertunjukan anda. EYB selalu melakukan ini di sela-sela performance, bagi-bagi paket VCD dan CD album pada para fans lewat sejumlah games atau kuis. Berikan orang-orang berbagai kemudahan dalam mengenal musik anda lebih jauh. Jangan belum-belum sudah itung-itungan kayak rentenir. Belum-belum sudah mendapat predikat kapitalis. Yah, repot dah kalo baru mulai aja dah kayak gini.
BIKIN BRANDING DISANA-SINI
Sepertinya yang ini sudah merupakan hal yang biasa dan banyak di ketahui. Branding itu membuat nama band kita jadi makin familiar di telinga orang. Mereka akan bilang “ wah, kayaknya gw kenal nih sama band ini, tapi dimana ya ?” Hem, padahal mereka tidak sadar kalo dulunya, mereka pernah membaca stiker bertuliskan ELEX YO BEN di mobil-mobil angkot.  Yup, begitulah. Intinya bikinlah stiker sebanyak-banyaknya, bikinlah kaos sebanyak-banyaknya, bikinlah sablonan di cangkir sebanyak-banyaknya. Kalo perlu buka counter tattoo gratis khusus tulisan nama band anda. Tatto boleh di pasang di lengan, di jidat ataupun di pantat.
BIKIN DATABASE KONTAK
Kelemahan orang Indonesia itu adalah dalam hal pendokumentasian. Bahayanya jika yang “tidak di dokumentasikan” itu adalah kontak person. Yah, mungkin saat butuh kontak yang dimaksud anda tinggal bertanya pada Shang Dewa Google, tapi bagaimana jika kontak tersebut tidak ada disana? Loh, kok bisa ? Mbah google kan mahluk ajaib? Ya bisa sajalah, bisa jadi yang sedang anda cari adalah nomer HPnya tukang ojek super cepat depan rumah yang mampu mengantarkan anda di lokasi pertunjukan tanpa terjebak macet. Jangan sampai masalah sepele ini membuat anda tidak nampak professional di mata panitia pertunjukan. Bisa juga kontak person tersebut terdiri dari kenalan-kenalan anda di jalan, kampus, kereta bahkan pos ronda. Entah berapa persen dari mereka pasti sangat berguna bagi usaha promosi tersebut. Ingatlah prinsip multilevel marketing. Minimalnya : bibir mereka layak diperhitungkan sebagai penyebar gossip paling mujarab.

sumber: http://elexyoben.wordpress.com

0 comments