Sejarah Facebook

Sejarah Facebook. Teman-teman semua pasti sudah kenal dengan facebook bukan?. Situs jejaring yang saat ini adalah yang terbesar di dunia. Saat ini hampir seluruh penduduk di dunia ini memiliki account facebook. Memang sih asyik ngefacebook atau istilah keren nge-FB. Tapi tahukah kamu sejarah facebook ini?. Menurut info yang didapat oleh aneka tips, Facebook ternyata diluncurkan pertama kali pada tanggal 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg sebagai media untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard. Facebook awalnya hanya situs kemasiswaan di harvad sana. Tapi beberapa bulan kemudian ada permintaan dari mahasiswa lain untuk mendaftar ke facebook. Mark Zuckerberg pun mencari akal dan akhirya menemukan seorang yang bisa melakukan perluasan facebook.



Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki 30 kampus dalam jaringannya. Dengan kesuksesannya tersebut, Zuckerberg beserta dua orang temannya memutuskan untuk pindah ke Palo Alto dan menyewa apartemen di sana. Setelah beberapa minggu di Palo Alto. Zuckerberg berhasil bertemu dengan Sean Parker (cofounder Napster), dan dari hasil pertemuan tersebut Parker pun setuju pindah ke apartemen Facebook untuk bekerja sama mengembangkan Facebook. Tidak lama setelah itu, Parker berhasil mendapatkan Peter Thiel (cofounder Paypal) sebagai investor pertamanya. Thiel menginvestasikan 500 ribu US Dollar untuk pengembangan Facebook.

Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 juta US Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.

0 comments