Elex Yo Ben "Perempuan di Batu Nisan"



urbanoir



Elex Yo Ben "Perempuan di Batu Nisan"

Album: Gending Bejad

Intro
ELEX YO BEN (EYB) adalah nama duet electro rock dua orang sutradara/pekerja film muda yang selama ini terbiasa bekerjasama dalam sejumlah project utamanya music dan film indie. Mereka adalah Dionys Dhewanindra dan Rhindra Suspa. Kolaborasi ini melahirkan sebuah project album video music yang terdiri dari 10 materi klip dan diberi tajuk GENDING BEJAD.

Keseluruhan project Gending Bejad selama ini cukup dilakukan oleh mereka berdua dengan pembagian tugas Rhindra Suspa melakukan penciptaan music sekaligus sebagai player bass, lead guitar, synthesizer, loop dan digital sampling. Recording, mixing hingga mastering juga dilakukan olehnya.
Dionys Dhewanindra sendiri bertugas sebagai pembuat lirik, notasi lagu, rhytem, sekaligus menjadi seluruh pengisi vokal ( Lead voc/growl/sufi voice/distrub/ All Choir/ Rap, dsb). Penyutradaraan keseluruhan video klip Elex Yo Ben berikut Video Editor dan Visual Effect dia pula yang mengerjakan.

Merunut kembali ke belakang, diakhir tahun 2007, ditengah kesibukan yang bertumpuk-tumpuk , Dion dan Rhindra secara iseng membuat beberapa komposisi music sebagai penghilang rasa stress di studio. Yang lahir justru akhirnya adalah beberapa komposisi eksplorasi . Di dalamnya secara tidak sengaja masuk berbagai unsur seperti hip metal, pop rock, rock n roll, progresif, gothic, music sufi, dangdut, bahkan tembang jawa. Meski cenderung eksperiment, keduanya tetap menjaga harmonisasi dan easy listening mengingat pada hakekatnya music akan di dengar banyak orang dari berbagai pemahaman dan latar belakang.

Tema dan lirik lagu dibuat seringan mungkin dengan cara storycal/bercerita. Rata-rata berisi tentang sejumlah kejadian yang sifatnya remeh temeh. Tujuannya adalah agar tidak terlalu membebani pendengar. Namun demikian apa yang diceritakan dalam lagu tersebut justru yang sering tidak terpikirkan oleh banyak orang/musisi untuk dijadikan lagu.

Dari yang bersifat iseng kemudian menjadi serius untuk melahirkannya dalam sebuah album. Maka judul album GENDING BEJAD diambil untuk menunjukkan bahwa komposisi dalam materi lagu tidak mengikuti aturan atau patron-patron yang ada selama ini, sementara ELEX YO BEN diambil sebagai nama project keduanya.
ELEX YO BEN dalam bahasa Jawa artinya adalah “ JELEK YA BIARIN “ namun bisa juga diartikan “ELECTRONIC BAND“ mengingat keduanya bereksplorasi dengan Perangkat Electronic dan Multimedia. Uniknya album GENDING BEJAD dikeluarkan dalam format audio visual (VCD) yang berisi 10 materi video klip berikut behind the scene/proses dibelakang layar selama pembuatan album berlangsung.

Meski projectnya baru berumur dua tahun, namun hingga saat ini EYB telah menelurkan satu buah video album, satu buah video single kolaborasi sastra dan rock (berdurasi 25 menit) dan empat buah soundtrack film indie.


Contact Person:
Rhindra 081380921596, 021.32081415
Dionys 081218434139, 021.36195839
dionys_dhewanindra@yahoo.comE-mail ini dilindungi dari spam bots, kamu perlu mengaktifkan JavaScript utk melihatnya
rhindra_music@yahoo.comE-mail ini dilindungi dari spam bots, kamu perlu mengaktifkan JavaScript utk melihatnya

0 comments