Penyebab Artikel Anda Menghilang Dari SERP Google

Penyebab Artikel Anda Menghilang Dari SERP Google
Penyebab Artikel Anda Menghilang Dari SERP Google
SERP Google atau Search Engine Results Page Google adalah sebuah halaman yang memuat hasil dari penelusuran Google yang berdasarkan keyword/kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna internet. Hasil pencarian tersebut bisa berupa sebuah foto/gambar, sebuah artikel, video, dan masih banyak yang lainnya. 

Apakah anda seorang pengelola atau yang biasa kita sebut admin sebuah blog/web ? Jika iya, maka anda pasti punya kebanggaan tersendiri jika salah satu postingan anda baik itu artikel, foto/gambar maupun video masuk di halaman pertama SERP Google. Karena dengan begitu, akan sangat besar kemungkinannya untuk mendatangkan pengunjung dan pada akhirnya dapat meningkatkan traffic blog kita.

Setelah beberapa waktu lalu saya membagikan tentang Tips Membuat Kata Kunci / Keyword, maka kali ini ini akan membagikan tentang Penyebab Artikel Anda Menghilang Dari SERP Google. Nah, berikut ini adalah point-point yang dapat mempengaruhi penyebab artikel anda menghilang.

1. Artikel Anda telah Di Copy Paste (Copas) Oleh Orang Lain
 Jika artikel yang anda buat di copas oleh orang lain lalu artikel anda yang di copas diterbitkan oleh yang melakukannya, maka besar kemungkinannya posisi anda di SERP akan turun atau yang lebih parah hilang dari peredaran. Apalagi yang telah di copas telah mencapai puluhan artikel. Jika begitu, algoritma yang dibuat oleh Google malah akan menurunkan posisi anda dari SERP karena terlalu banyaknya duplikat konten sihingga Google mengabaikannya.

2. Anda Menggunakan Teknik Black Hat SEO Untuk Mengoptimasi Artikel Anda
 Anda perlu hati-hati jika anda mengoptimasi SEO On Page. Diharapkan anda tidak akan mempraktekkan teknik Black Hat SEO. Apa itu Black Hat SEO ? Black Hat SEO adalah sbuah teknik optimasi dengan cara curang yang melanggar algorotma Google untuk mendapatkan posisi teratas. Contoh cara yang curang adalah : 
a. Pemasangan keyword yang terlalu berlebihan
b. Link Internal yang terlalu banyak
c. Menyamakan warna keyword yang anda buat sama dengan warna background blog anda sehingga   para pembaca tidak akan membacanya sedangkan mesin pencari bisa
3. Artikel Anda Telah Dilaporkan Seseorang Ke DMCA
 DMCA (Digital Millenium Copyright Act) ininakan berlaku jika hasil artikel yang anda terbitkan di blog anda merupakan sebuah copas dari blog lain. Jika pihak sumber copas anda tidak terima dengan kelakuan anda maka mereka bisa melaporkan anda ke Google DMCA. Jika anda menggunakan platform Blogspot yang merupakan milik Google dapat beresiko besar. Bisa-bisa blog anda akan dihapus oleh Goole. Namun, jika anda menggunakan platform seperti Wordpress dll yang bukan punya Google maka kemungkinan posisi artikel anda hanya akan diturunkan oleh Google

4. Topik dari Artikel Anda Sudah Out Of Date
 Point ini hanya berlaku jika topik bahasan artikel anda hanya bersifat sesaat atau musiman. Mungkin pada awal-awal, pada saat booming-boomingnya artikel anda pasti akan kebanjiran pengunjuing dari SERP Google karena artikel anda selalu muncul. Tapi, jika topik itu sudah tidak booming lagi, bisa-bisa artikel anda akan tergeser dengan artikel yang baru-baru. Karena para pengunjung sudah tidak memerlukan informasi apa-apa lagi dari artikel anda.

5. Tingginya Kompetisi di SERP Google
 Tingginya persaingan di SERP Google juga dapat mempengaruhi posisi artikel kita di SERP. Ketika tingkat kompetisinya rendah, maka blog anda akan mudah mendapat posisi pertama pada SERP. Begitu juga sebaliknya. Jadi, ketika anda ingin mengikuti kontes SEO tentu saja tingkat persaingannya sangat tinggi. Oleh karena itu, jika Alexa Rank dan Page Rank anda tidak cukup bagus, maka tidak ada harapan untuk artikel anda masuk halaman pertama SERP.

Sekian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf apabila ada kesalahan
Sampai JUmpa dan Salam SUKSES
Suka artikel ini ?

Tentang Kami

Admin Blog