Peran Social Media dalam Toko Online / Online Shop


Peran Social Media dalam Toko Online / Online Shop

Peran Social Media dalam Toko Online / Online Shop
Social Media kini sudah menjadi bagian hidup dari masyarakat pada zaman sekarang. Setiap waktu pasti ada ratusan bahkan jutaan orang yang membuka dan berbagi kesehariannya melalui Social Media. Social Media seperti Twitter, Facebook, Path, Instagram, dan yang lainnya, berlomba-lomba dalam mengembangkan aplikasinya masing-masing untuk menarik minat para masyarakat untuk menggunakan aplikasinya. Berdasarkan hal ini, Social Media pun menjadi lahan segar para pebisnis untuk menjual dan mempromosikan barang dagangannya.

Trend seperti ini disebut online shop, atau toko online. Melalui online shop, pembeli tidak harus repot-repot memakan banyak waktu untuk pergi ke toko membeli pakaian. Sekarang, yang perlu dilakukan adalah cukup membuka website online shop, memilih barang, dan kemudian membayar via ATM atau transfer. Dan terakhir, pembeli hanya tinggal menunggu barang dikirim ke rumah dalam jangka waktu yang ditentukan.

Sekarang, Social Media menjadi tempat para pebisnis online untuk mengenalkan barang dagangannya kepada para pembeli. Alasannya sederhana saja, karena Social Media merupakan hal yang setiap waktu selalu dikunjungi oleh para masyarakat setiap harinya. Namun, ada baiknya kita untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan aplikasi Social Media apa saja yang bisa digunakan.

Twitter
Masyarakat sekarang pastilah kenal dengan Social Media yang satu ini. Social Media ini terkenal.  Tidak hanya di Indonesia, tapi di seluruh dunia. Dan sebagai bukti, banyak artis luar negeri yang menggunakan akun Social Media ini. Alasannya simpel saja, pengguna akun twitter tidak terlalu terganggu oleh tweet yang membanjiri beranda walaupun mempunyai banyak followers  atau pengikut.

Salah satu kelebihan dari twitter adalah jangakaun penggunanya yang tersebar luas di seluruh dunia. Jika kita menargetkan pasar pembeli dalam lingkup internasional, promosi di twitter adalah langkah yang paling tepat. Karena, hampir semua orang di dunia akrab dengan Social Media ini.

Namun perlu diingat oleh kita bahwa untuk mengelola akun ini semaksimal mungkin, mengingat notification pasti akan terus mengalir di setiap detiknya. Selain itu, rajin-rajinlah memosting dan promosi. Wajib hukumnya jika kita ingin follower kita terus bertambah setiap waktunya. Jangan ragu untuk mencari pelanggan dengan cara menyelipkan kata kunci di pencarian di twitter.

Seperti misalnya, mengetik kata “online shop” di kolom pencarian, maka orang- orang yang pernah menulis tweet dengan kata “online shop “ akan muncul. Langkah berikutnya hanya tinggal mention ke pengguna tersebut sambil mempromosikan akun online shop yang dimiliki. Jangan lupa, untuk membuat akun resmi dengan nama toko online shop yang dimiliki, bukan dengan akun pribadi. Untuk menambah rasa percaya pelanggan, boleh dituliskan contact person, atau alamat e-mail, di kolom profil.

Website
Online shop bermula dari penjualan barang melalui website resmi yang sudah banyak dikenal, misalnya Zalora, Berrybenka, Hijabenka, dan lain-lain. Namun seiring perkembangan, online shop juga dapat dimiliki hanya dengan bermodalkan akun Social Media. Kelebihan dari website sendiri adalah, sudah pasti lebih terkenal, karena pada umumnya hanya perusahaan resmi yang dapat membuat website seperti itu.

Kepercayaan para masyarakat pun akan jauh lebih tinggi karena sudah banyak orang yang menggunakan jasa online shop itu. Penjualan barang yang dilakukan pun jauh lebih banyak pastinya. Serta sistem yang dimiliki tentu lebih rapi dan tertata karena memiliki pegawai yang bekerja untuk mengelolanya.

Facebook
Social Media ini pastinya amatlah terkenal di Indonesia. Pelajar hingga orang tua banyak yang merasa lebih nyaman menggunakan Facebook. Facebook dinilai lebih simpel daripada twitter yang statusnya cepat berganti tiap detiknya. Selain itu, beranda di Facebook jauh lebih luas untuk memposting foto dan status.

Jika di Twitter hanya bisa maksimal menulis 140 huruf, di Facebook status yang dapat ditulis tidak terbatas oleh huruf. Fitur di Facebook juga terdapat album foto yang memungkinkan menyimpan beberapa foto dalam satu folder sehingga memudahkan pembeli untuk melihat barang sesuai dengan jenisnya.

Akan tetapi, lingkup yang dimiliki Facebook sedikit terbatas, dan harus rajin untuk meminta pertemanan dengan pengguna facebook lainnya. Karena itu, disarankan jika membuat fanpage saja, dan selanjutnya tinggal membuat request agar orang lain me-like fanpage tersebut. Hal itu akan jauh lebih efektif daripada membuat akun biasa atau grup.

Instagram
Instagram menjadi Social Media yang digemari oleh anak muda karena berandanya yang penuh dengan gambar dan foto. Bagi yang merasa bosan melihat status akun Social Media yang dipenuhi oleh tulisan, Instagram menjadi pilihan untuk memanjakan mata. Memosting status di instagram diwajibkan dengan gambar atau video.

Sekedar tips dari saya, ketika memposting gambar yang akan dijual, pastikan membuat banyak hashtag (#) seperti, #winterclothes, #onlineshopping #onlineshop, #ladiesclothes, dan sebagainya. Hashtag ini diperlukan karena dapat berperan sebagai kata kunci jika ada yang ingin mencari barang lewat hashtag tersebut.

BBM

BlackBerry Messenger atau biasa disingkat BBM merupakan aplikasi handphone yang dipakai hampir oleh semua orang di Indonesia. Trend BBM menyebar lewat handphone dengan nama Blackberry. Tapi sekarang ini, BBM telah menjadi sebuah aplikasi yang dapat di-install di android. Hal ini semakin menjadikan BBM sebuah target pasar yang cukup menjanjikan.

Tidak seperti akun sosial lainnya, BBM hanya bisa mempunyai satu akun setiap nomor yang dimiliki dengan kode yang terdiri dari huruf dan angka yang disebut pin BBM. Untuk dapat saling berteman, yang perlu dilakukan adalah meng-invite pin BBM dan menunggu hingga di-accept.

Cara yang dapat dilakukan untuk mempromosikan produk adalah, membuat grup khusus untuk online shop yang dimiliki dan mengundang teman-teman di kontak BBM untuk ikut bergabung. Setiap produk baru yang masuk dapat langsung diposting di grup tersebut. Dan jangan lupakan fast respond, alias respon cepat apabila ada yang bertanya di grup tersebut.

Whatsapp
Sama seperti BBM, aplikasi ini dapat digunakan untuk mempromosikan online shop yang dimiliki. Setiap nomor hanya bisa memiliki satu akun whatsapp. Whatsapp ini sendiri biasanya digunakan hanya untuk chatting seperti SMS. Berbeda dengan BBM, cara memiliki teman di aplikasi whatsapp adalah, hanya perlu menyimpan nomor teman dalam kontak, maka otomatis akan menjadi teman di whatsapp.

Lalu, yang perlu dilakukan adalah membuat grup serupa dengan BBM dan memasukan teman-teman yang sekiranya berminat dengan online shop untuk menjadi anggota. Whatsapp dapat di-install oleh pengguna android dan BlackBerry. Namun, apa salahnya memperbanyak grup bukan, asalkan semuanya dapat diolah dengan efektif dan menguntungkan.

Jadi, kunci agar online shop memiliki banyak pelanggan dan sukses adalah, kuatnya jaringan yang dimiliki oleh kita. Apabila pelanggan merasa puas dan percaya dengan pelayanan online shop yang kita miliki, maka pelanggan yang lain pasti akan bermunculan lagi. Untuk mendapatkan jaringan, tentu perlu memiliki berbagai akun Social Media guna memperluas jaringan. Asalkan perlu diingat dengan baik untuk mengelola semua akun tersebut dengan rajin dan cermat. Respon yang cepat juga perlu diberikan agar pelanggan merasa puas dan segera memesan produk kita yang lainnya.

Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan
Sampai Jumpa dan Salam SUKSES
Suka artikel ini ?

Tentang Kami

Admin Blog